Oleh: Iwan | 8 Februari 2010

Apa kabarmu Papua?


Bagaimana kabarmu Papua?

Sudah hampir 1 tahun aku tidak pernah pergi lagi ke Papua.

Mengapa.. karena tidak ada sponsor lagi yang membiayaiku bertualang di rimba Papua, yang penuh dengan nyamuk dan cerita seram, meskipun sebenarnya biasa saja, meski juga tidak terlalu biasa. April 2009 adalah bulan terkahir aku menjelajah Papua, meski hanya sampai di Jayapura, kota besar di antara hutan-hutan Papua.

April 2009, banyak peristiwa yang terjadi di Papua, tetapi lebih banyak kehebohan yang terjadi, karena situasi yang memang sedang panas imbas dari Pemilu 2009. Kampus dibakar, polsek di bom dan terakhir gedung KPU dibakar juga. Ah, itu kan hanya masalah kecil… aku juga tidak akan banyak cerita, karena kejadian itu hanya masalah kecil diantara besarnya masalah-masalah pribadiku.

Aku datang kali ini hanya untuk melacak jejak pekerjaanku. Menjadi buruh dari suatu korporasi besar, menjadikan aku begitu letih berjuang, demi apa yang tauke-tauke itu inginkan. Tetapi jauh dalam lubuk hatiku, ini sebuah perjalanan untuk mencari makan, mungkin dengan cara yang sedikit menawan, atau orang-orang pintar menyebutnya elegan…

Berdua dengan kaka Sony, aku harus mencari jejak perijinan dan mencari tahu apa sebab pekerjaan kami sedikit terhambat, tetapi sudahlah.. aku gak mau banyak cerita tentang pekerjaan. Yang jelas, pekerjaan adalah sarana bagiku dan keluargaku untuk mendapatkan makan, syukur syukur dapat buat beli sedan dan pondokan.

Setelah hampir 1 tahun, aku masih merindukan Papua, dengan segala kenaifan para penduduknya, dengan segala peristiwa diantara para manusianya. Jayapura, Merauke, Tanahmerah,  Kepi, Bovendigoel, Mappi, Bade.. ah, tempat-tempat yang dulu menyeramkan, terbayang sebagai kenangan yang mampu menggerakkan keinginan untuk bisa kembali.

Aku masih yakin, aku bisa kembali ke sana. Entah untuk apa…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: