Oleh: Iwan | 8 Februari 2010

Mencari Jejak Suku Terasing di Boven Digoel dan Mappi


Ini bukan tentang sebuah petualangan ala National Geographic atau seperti petualangan di tivi-tivi kabel itu. Tetapi ini adalah cerita yang aku dapatkan saat berkunjung ke Kepi, ibukota kabupaten Mappi di Papua Selatan.

Kepi, adalah ibukota kabupaten Mappi, sebuah kabupaten pemekaran dari kabupaten Merauke. Kota Keppi terletak di tengah rawa-rawa besar, sehingga dijuluki sebagai kota di atas rawa. Dari lapangan terbang perintis menuju ke pusat kota, harus dilalui melalui jembatan kayu panjang, yang membelah rawa-rawa. Ketika matahari baru menyembulkan wajahnya, kabut masih akan menutupi kota ini untuk beberapa lamanya. Hm, teringat Sleepy Hollow, kota yang penuh dengan kabut.

Pada sore yang begitu hangat, berkumpullah serombongan para pejabat dari Propinsi Papua diikuti rombongan pejabat dari Kabupaten Mappi. Gubernur Papua Barnabas Suebu, diiringi oleh bupati Mappi Aminadab Yumame bersama pimpinan proyek Sinarmas Papua A’an Selamat, sedang dalam kunjungan ke Pastoran Kepi, yang terletak di pinggir rawa besar.

Ketika sore itu acara kunjungan ke Pastoran dimulai, tiba-tiba dari pinggir rawa-rawa, datanglah serombongan orang Papua, dengan pakaian yang sangat sederhana kalau tidak boleh dibilang telanjang, beberapa laki-laki dewasa dan dua orang perempuan. Membawa panah dan tombak, serta yang perempuan membawa tas yang diikatkan di kepala. Atau mereka menyebutnya NOKEN. Hampir mirip dengan semua suku di Papua.

Mereka dari suku pedalaman, KOROWAI. Mereka sengaja datang ke Kepi karena mereka mendengar akan ada pejabat yang datang ke Kepi. Tetapi, permasalahannya, tidak ada diantara mereka yang bisa berbahasa Indonesia. Mereka hanya berbicara bahasa ibu mereka, bahasa Korowai.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: