Oleh: Iwan | 20 Juni 2015

Mencoba Toll Road Cipali (Cikopo – Palimanan)


Jalan Tol Cipali (Cikop Palimanan) atau ada yang menyebut Cikapali (Cikampek – Palimanan) baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo 14 Juni 2015. Banyak yang bilang, perjalanan dari jakarta ke Cirebon sekarang bisa ditempuh hanya 2-3 jam, yang tadinya bisa diatas 5 jam bahkan hitungan puluhan bahkan berhari hari kalau Lebaran apabila lewat Jalur Pantura. Karena penasaran ingin membuktikan dan momennya pas di hari pertama Ramadhan 1436H ini, meluncurlah kami sekeluarga menuju Kota Udang, malam 17 Juni 2015.

Ghea dan Rhea berlatih ballet terlebih dahulu sore harinya dan setelah Maghrib, kami berempat berangkat Sholat Tarawih di Masjid Al Munawarah di Jl. Haji Thoran Bintaro Sektor 2. Ahay, ternyata sholat tarawih di masjid ini 23 rakaat, sehingga kami baru bisa berangkat menjelang tengah malam. Berangkat dari rumah di Bintaro jam 23.30 tet, kemudian kami masuk toll Pondok Pinang di Lebak Bulus, langsung meluncur via JORR. Hampir 1 jam lebih, sudah sampai di Cikampek. Agak lambat karena disopirin sama Gilang yang memang baru pertama kali ini bawa mobil via tol Cikampek.

Masuk di gerbang Tol Cipali (Cikopo), gantian saya yang bawa. Jam sudah menunjukkan pukul 00.45. Antrian agak panjang, mungkin karena masih gratis ya😀 Sekitar 15 menit antrian di pintu tol Cikopo pada dinihari tersebut, saya membayangkan bagaimana antrian pada jam sibuk saat Mudik Lebaran nanti ya? Padahal setelah masuk ke Cipali, lalu lintas bahkan sangat sepi sekali.

Jalan tol ini memang menakjubkan, bersih, bagus dan masih baru… Kondisi kontur jalan yang bagus, dengan kualitas beton yang bagus menurutku. Memang, untuk jalan beton, agak kurang nyaman dibandingkan dengan yang dilapis aspal. Tetapi kondisi beton tol ini jauh.. sangat jauh lebih bagus dari kondisi tol Pejagan yang memang amburadul kondisinya.

Singkat kata, saya tiba di Palimanan jam 02.10 dan sampai di rumah jam 02.25 di Plered Cirebon. Kecepatan berkendara saya di Cipali maksimum 130kpj, tetapi rata rata di 100kpj. Kondisi gelap dan minim penerangan di malam/dinihari, menjadi tantangan tersendiri. Truk truk belum banyak berlalu lalang di Cipali, tetapi tetap saja harus waspada, jangan sampai lengah dengan jalan yang lurus, mulus dan melenakan. Sempat saya harus menginjak rem cukup dalam karena ada truk pasir yang tidak terlalu terlihat dengan jelas karena lampu belakangnya mati. Total waktu yang saya tempuh dari Bintaro – Plered Cirebon kurang lebih 3 jam (dikurangi antrian pintu tol dan rest area 30 menit), total di jalur toll sekitar 2,5jam.

Saya juga mampir di Rest Area KM102 (kalau tidak salah) untuk observasi toilet, rumah makan dan Pom Bensin. Masih banyak pembenahan dan pembangunan, maklum baru saja diresmikan untuk mengejar target mudik Lebaran. Kualitas pembangunan toilet dan rest area sepertinya tidak maksimal, kualitas bahan dan finishing terkesan agak dipaksakan supaya bisa cepat. Perkiraan saya, ini akan jadi masalah saat mudik nanti, bisa jadi pintu toilet rusak, bangku2 yang tidak nyaman dll. Semoga tidak seperti itu nantinya, sehingga pengguna jalan dan RA, bisa nyaman dalam perjalanan dan istirahat di RA tersebut. Photo photo saya sertakan, meskipun kualitasnya jangan ditanyakan.. malu😀

Wah, sudah jadi laporan mirip di portal berita online.
Oh ya, Sabtu siang saya akan coba cek tol Cipali dari arah Cirebon menuju Jakarta di siang hari. Mungkin nanti akan saya bagikan lagi pengalaman ini. Mudik Lebaran semoga menjadi pengalaman yang menyenangkan untuk kita semua.

Kelanjutan dari Reportase Amatiran ini, waktu balik dari Cirebon menuju Jakarta Berangkat dari rumah Cirebon jam 14.30 WIB, masuk pintu tol Palimanan pas 15.00WIB dan sampai di pintu Tol Cikopo jam 16.05 WIB, satu jam lebih lima menit.. Bandingkan kalau lewat pantura, belum lagi kalau terjebak macet cet cett….

Masuk Cikampek seperti biasa, padat namun lancar. Jam 17.45 sudah sampai di Bintaro disambut dengan Ayam Kremes Bu Tjondro dan sebaskom Es Campur.. uhuy.. #segeerrrr

IMG_1744

IMG_1747

IMG_1757

IMG_1753

cipalimap


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: